Minggu, 19 Februari 2012

Yang Muda, Yang Berbudaya

Jari saya menari-nari diatas Remote Control, mata saya seketika tak berhenti untuk tercengang seolah mengamati sebuah fenomena dalam kaca pembesar. Tak tertakal akal mengapa pemuda kita, yang mengaku memiliki jiwa muda yang berpendidikan bisa melakukan hal-hal yang diluar norma kita sebagai manusia yang berbudaya. Momen inilah yang saya angkat ketika pada pekan lalu saya menonton siaran televisi yang kala itu sedang memberitakan tentang 4 pemuda setelah mengkonsumsi narkoba memperkosa gadis SMP di sebuah mushola. Kemana lari nya budaya kita?

Lupakan, Itu hanya sebuah intermezzo, pemuda merupakan para insan muda (seharusnya) menjadi  penerus kebanggaan kita sebagai sebuah negara. Mengutip dari DR.Yusuf Qardhawi ibarat matahari maka usia muda ibarat waktu menunjuk pada jam 12 ketika matahari bersinar paling terang dan paling panas. Pemuda mempunyai kekuatan yang lebih secara fisik dan semangat bila dibanding dengan anak kecil atau orang-orang jompo. Pemuda mempunyai potensi yang luar biasa,bisa dikatakan seperti bom yang mempunyai efek yang luar biasa ketika diledakkan.

Sekarang ini masih banyak insan muda kita yang bahkan tidak peduli lagi dengan diri nya sendiri. Mereka lebih sibuk dengan kegiatan- kegiatan negatif yang apabila saya tulis disini akan panjang merangkai beberapa paragraf. Contoh simpel nya, Banyak kita lihat para pemuda yang terjerat narkoba, bahkan dugem menjadi pencitraan gaul di kalangan remaja, entah kemana mereka bercermin. 

Pendidikan berkarakter telah ditanamkan di beberapa lembaga sekolah, seminar anti-narkoba dan HIV/AIDS digalakkan dimana-mana, mendengarkan ceramah keagamaan biasa mereka dapatkan seminggu sekali di sekolah mereka, namun itu semua belum bisa merubah keadaan para pemuda kita. Namun, terlintas di benak saya bahwa yang para pemuda butuhkan itu adalah sebuah aktifitas aktif dan bukan merupakan aktifitas pasif. Kegiatan yang membuat mereka memanfaatkan masa jiwa muda mereka dengan sehat, positif, benar, dan memicu pemuda menjadi sebuah bom waktu hingga pada akhirnya  meledak dengan potensi terbaik yang mereka miliki.

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang bisa menumbuhkan good character dalam diri seseorang khususnya bagi insan muda. Olahraga (menurut saya) mempunyai punch yang lebih baik dibanding dengan hanya menjadi "pendengar". Berolahraga berarti menuntut kita untuk menggunakan energi dan menyalurkan nya untuk kebaikan tubuh serta mental kita. Disamping itu, olahraga menumbuhkan bagaimana cara bekerjasama, menjunjung sebuah sportifitas, bertanggung jawab dan menjadikan kita menjadi sosok yang berani berkompetisi secara sehat.

Di dalam paragraf terakhir ini, saya mengajak kepada seluruh anak-anak muda untuk menikmati hidup ini dengan positif dan mari ajak teman- teman kita untuk berolahraga entah itu hanya jogging, sepakbola, basket, renang, dan masih banyak sekali jenis olahraga lain yang bisa kita lakukan. Berolahraga membuat kita menanam budaya yang baik untuk diri kita sendiri serta memagari kita dari berbagai macam kegiatan negatif. Dengan olahraga, kita tunjukkan YANG MUDA YANG BERBUDAYA.


 Anugerah Olahraga Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...