Rabu, 07 September 2011

Take it or Leave it?

Apa yang membedakan antara pasar dan swalayan/mall?? Bagi setiap orang yang mendengar pertanyaan ini akan terlihat sederhana, se sederhana jawaban ini : Pasar itu kebanyakan kumuh, kotor, kurang lengkap, bukan anak muda banget, bau ikan asin, berdesak-desakkan dan kesannya tidak elit. Sementara Swalayan/mall : bersih, wangi, komplit, tempatnya anak muda belanja , bau baju-baju mewah, dan kesan yang ditimbulkan sangat fashion dan gaya. Itu sudah cukup untuk membuat perbandingan antara Pasar VS Swalayan/Mall.

Tapi gue jujur, gue lebih suka belanja di pasar. Bukan karena gue suka dengan sesuatu yang kotor atau bukan karena gue udah tua, dan jelas bukan karena gue pengen ngecengin nenek-nenek yang berkeliaran di pasar. Gue juga bukan orang yang aneh yang emang selalu belanja di pasar bukan itu maksud gue, gue gak mau image gue sebagai orang yang keren pudar pesona nya. Gue cuma suka satu hal ; gue suka dengan cara transfer di pasar, apabila si tukang dagang ngasih gue harga, gue masih bisa tawar. Ya , gue sangat suka dengan tawar-menawar.

Memang telihat cewek banget,
rasanya kurang pas buat cowok. Tapi gue gak peduli sama omongan orang-orang karena telinga gue udah gue sumpel pake botol kecap . Temen-temen gue ampe bilang ‘Lo rajanya Transaksi’ memang, itu memang benar sekali tak sedikitpun ada yang salah dengan julukan itu dan gue enjoy.
Bagi gue, ketika gue ada di suatu tempat perbelanjaan, lalu orang-orang menawar disana-sini, gue merasa interest semuanya bagai simponi bergiliran mengalir dengan berbagai trik dan cara orang menawar ada yang memohon-mohon memelas, ada yang berbohong bahwa di tempat lain harganya tidak semahal harga yang diberikan penjual, ada pula yang ngotot dan mengancam jika tidak diberikan sesuai harga yang di inginkan akan memutilasi penjual. Sungguh menarik.

Sementara gue, jika ngomongin masalah style dalam tawar menawar gue pernah ngerasain semua cara-cara diatas. Gue temasuk orang yang ekstrem, gue kalo nawar barang selalu melihat situasi dan kondisi.
Situasi dan Kondisi pertama;
Jika si penjual adalah gadis muda, maka gue pasti nawar barang dengan memberikan rayuan gombal, membeberkan senyum selebar mungkin, lalu gue berjanji jika si gadis muda penjual memberikan harga yang gue inginkan gue akan kasih nomor handphone gue dan dia boleh telepon atau SMS sesuka hati dia. Maka biasanya si gadis muda penjual akan tersenyum lalu berkata ‘iya, mas silakan ambil barangnya harganya terserah mas.’

Gue emang Playboy cap taik meong..

Situasi dan Kondisi kedua ;
Jika si penjual adalah ibu-ibu atau nenek-nenek, yang gue lakuin adalah dengan sungkem cium tangannya lalu gue berkata dalam bahasa gue yang paling sopan, kemudian gue kasih tawaran buat mijitin dia akhirnya dia bakal mengangguk tanda setuju karena yang harus kita tahu si ibu/nenek pasti keletihan setelah seharian menjaga toko. Oke, sebagai tanda balas budi, si ibu/nenek akan memberikan harga yang memuaskan untuk kita.

Dulu, gue adalah tukang pijit panggilan...

Situasi dan Kondisi ketiga ;
Apabila si penjual adalah tante-tante genit entah perawan atau tidak, gue biasanya jalan agak tegap, tangan gue masukin ke saku dan mulut agak gue monyong-monyongin. Yang terjadi adalah si tante-tante genit entah perawan atau tidak akan nyamperin kita dengan penuh orgasme lalu tante-tante genit entah perawan atau tidak itu akan berkata ‘lagi butuh apa.bang?? adakah diantara barang kami yang bisa memuaskan anda??’’ selanjutnya gue gak akan berkata apa-apa, gue langsung buka baju buka celana. Si tante-tante genit entah perawan atau tidak itu akan berkata ‘BUAAASS’’. Gue pulang dengan buy 1 get 2.

Apa gue suka tante-tante??

Situasi dan Kondisi ke empat;
Jika si penjual adalah berjenis kelamin laki-laki, entah itu om-om, kakek-kakek, bewokan, atau banci tapi aslinya lekong, gue biasanya dihadapkan pada pilihan yang sulit. Jika gue nawarin no handphone sambil senyum-senyum manja maka gue akan diusir sebelum gue ngomong apa-apa, kalo gue nawarin mijit, giliran gue yang gak mau, gue gak mau nanti malah tuh laki-laki minta dipijit alat kelaminnya pada intinya gue gak mau ngalamin trauma. Pilihan terakhir adalah buka baju dan celana tapi gue gak yakin bakal berhasil dan gue belum pernah sempet untuk nyoba. Jalan bijaknya adalah dengan memelas merintih memohon dengan segenap tenaga berharap akan meluluhkan hati si laki-laki.

Kesimpulannya, gue benci belanja yang penjaga nya laki-laki........

Memang dalam dunia-tawar menawar kita harus benar-benar pintar dalam mengolah kata, berbohong dan tidak berlebihan. Jangan sampai ngalamin kejadian buruk kayak gue.
Ceritanya;

Gue lagi di Yogyakarta lebih tepatnya di Malioboro, sangat wajib bagi gue apabila berkunjung ke kota orang, gue harus bawa oleh-oleh entah itu perempuan atau perempuan berjenis kelamin perempuan, sama aja..

Waktu itu gue lagi bertiga sama temen pengen beli oleh-oleh khas Yogyakarta, dan menurut kita malioboro adalah tempat yang pas. Maka gue langsung berbelanja dengan beringas tentunya dengan tetap melakukan negosiasi supaya lebih murah dan pas di hati, sampailah gue di tempat tas. Gue keingetan sama Ibu gue dan gue liat tas nya lucu-lucu. Maka gue langsung samperin.

Mas, tas yang ini harganya berapa??’ Tanya gue
100 ribu, mas’ jawab si penjual yang menurut gue lebih mirip orang madura tukang jualan sate deket rumah gue.
waaah gak kemahalan tuh mas?? Tadi saya nanya di sebelah harganya Cuma 50 ribu, barangnya sama kok’ balas gue dengan berbohong padahal gue baru sempet nanyain harga tas sekarang.
Gue inget sama omongan Ibu gue sebelum berangkat, dia bilang kalo mau belanja di malioboro tawar aja setengahnya pasti dikasih.
yaudah, sok gak apa-apa si mas mau ngambil yang mana? Jawab si penjual dengan logat khas jawa yang medhok.
Ternyata bener wasiat Ibu gue, lalu muncul dalam benak gue, gue kayaknya berpeluang buat dapet nawar lebih dari setengah nya dan itu akan menjadi sebuah rekor. Pikir gue dalam hati.
tapi mas, saya kan belanjanya masih banyak nih gimana kalo harganya agak dikurangin lagi??’ pinta gue
mas maunya berapa’ jawab sang penjual
25 ribu ‘ gue ngomong sekena nya
Si penjual diem. Gue berhasil..
Si penjual ngeberesin dagangannya, dia ngedeketin gue dan deket banget, wah wah ‘mas, kalo mau homo jangan di tempat rame gini’ lalu si penjual megang sabuknya, kecurigaan gue semakin besar kalo tuh tukang dagang mau menggagahi gue, si penjual ngangkat sedikit bajunya...terlihatlah..Cliiiiing..
Ini tau apa mas’ tanya dia ke gue.
ker..ris mas’ jawab gue kaget

Si penjual ngangkat keris dari samping baju nya, dia ngangkat-ngangkat keris di depan muka gue sambil ditunjuk-tunjukin ke gue, dia ngomong keras keras banget pake bahasa jawa di depan gue..GUE GAK NGERTIIIIII.... gue sama 2 temen gue langsung ngibrit kabur, Tolooooong jangan jadikan aku kentang goreng.....

Kedua temen gue langsung marah-marah ke gue, mereka bilang gue keterlaluan nawarnya. Ya, gue terlalu over pas tadi nawar. Gue mesti belajar tawar-menawar terhadap orang Yogyakarta. Tapi gue gak kapok, Yogyakarta tunggu gue..gue bakal balik lagi buat buktiin kalo gue adalah ‘Rajanya Transaksi’.

Oke, sekarang gue harus berusaha mengertikan posisi apabila gue disini yang jadi penjual. Gue berharap gue lebih pinter lagi dalam menawar.
Gue jadi penjual, ada orang yang nawar barang gue;
bang, boleh harganya diturunin sedikit’ tanya pembeli.
gak bisa’ jawab gue.
yaaah, ayo dong turunin..abang kan cakep, maskulin lagi..bisa yah??’ rengek pembeli.
‘gak bisa, Take it or Leave it??’ bentak gue.

Kesimpulan nya, gue adalah penjual yang jutek tapi bisa bahasa inggris.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...